Sekarang warga Medan tak perlu bingung lagi. Pasalnya, sudah ada lokasi ngabuburit di kota Medan yang ingin mencari lokasi santai untuk berbuka.  Mulai sore hari terlihat kemacetan disana sini. Mengapa tidak, sebab lokasi menuju areal acara RF sudah ditutup dari beberapa penjuru. Sehingga membuat para pelintas jalan mulai dari sepeda motor, mobil, taksi dan lain-lain harus melewati satu jalur yang sudah ditentukan pihak Dinas Perhubungan.

Sayangnya, sesekali  kenyamanan  RF diwarnai oleh gerimis dan hujan. Sehingga pengunjung yang sudah memilih duduk terpaksa harus mencari lokasi yang tidak terkenah hujan bahkan banyak pengunjung yang akhirnya masuk ke dalam Masjid yang berada persis di samping  RF.

                Untuk mengisi waktu berbuka pengunjung mendengarkan tausyiah yang tujuannya agar pengunjung bisa menikmati hidangan yang disediakan oleh UKM yang dikelola Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Medan. Stan-stan juga menjual beragam pernak-pernik nuansa Islam serta pakaian muslim pria dan wanita.Tak hanya menyajikan aneka makan dan minum tetapi juga jadi lokasi obyek wisata yang religius.

 Salah seorang pengunjung misalnya Wismi yang datang ke lokasi beserta anak dan baby sitternya mengaku kalau acara RF ini sudah menggaung sekali. “ Acara RP sangat mendukung program kerja Pemko Medan yang ingin menjadikan kota Medan semakin dikenal bukan hanya warganya sendiri tapi warga dari luar kota bahkan turis Manca Negara.Potensinya  bagus dikembangkan dan harus lebih porofesional,”ungkapnya.

 Salah satu stand yang menjual Burger Nasi (BN), Ihsan (27) mengaku ditawarkan stand di RF dengan biaya Rp 3 juta. “ Nggak apa-apalah dipatok harga segitu. Yang penting, saya ingin lebih mempromosikan BN ini.Di RF kan pasti banyak pengunjung,” ujar pria lajang.

 Menurut Ihsan, alasannya menjual BN karena kemitraan BN pertama seratus persen karya anak Indonesia. Produk BN Indonesia ini unik dalam citarasa dan penyajiannya. Proses menanak nasi dengan bumbu khusus dan menggunakan air oksigen.Juga menggunakan chicken filet yang dibuat khusus serta start up cost yang terjangkau,” ujar Ihsan yang menjajakan BN dikaki-kaki lima.

Proyeksi BEP (Brek Event Point), kata Ihsan, relatife cepat. Sistem telah teruji dan mudah dijalankan serta didukung training karyawan.Serta gratis Royalty Fee.  Apalagi anak-anak sekarang kan banyak yang susah makan. Mungkin BN bias jadi pilihan, ujar Ihsan yang sudah banting stir beberapa kali bisnis kuliner.Setelah menyelesaikan kuliahnya Informatika STIE Harapan Medan Ihsan sempat coba kerja di Asuransi.

                Tapi,”  hanya bertahan tiga tahun. Sempat juga saya jadi penyiar radio tapi cuma sebentar .Akhirnya saya buka warung makanan, tiga tahun lalu. Hingga akhirnya warung makanan itu juga sepi dan sebelum tutup saya mulai memodifikasikan menu-menu di warung makanan saya, hingga enam bulan akhirnya saya sukses membuat BN. Yang tentu saja bahan dasarnya nasi. Makanya, karya saya ini original lho,”ujar Ihsan yang senang akhirnya BN diminati orang.

Jualan Di Kaki Lima

Enam bulan lalu Ihsan mulai memperkenalkan dan menjual BN. Namun, setahun kemudian dia dapat info dari temannya kalau di Jepang ada orang buat Burger Jepang. Tapi, bedanya beras mereka dengan beras kita sebagai bahan utama tentu saja beda,” aku Ihsan terkekeh.

                Selama di RF Ihsan menyediakan enam puluh stock burger nasi. “ Saya menjual paket dan Additional menu. Kalau paket murah yakni Ergunasi Original dan Ayam Penyet serta frestea dibanderol Rp 13 ribu,BN original dipatok Rp 11 ribu, burger nasi ayam penyet Rp 11 ribu dan burger roti Rp 10 ribu. Jika semua menu itu pakai  telur ditambah Rp 2 ribu, pakai saos ditambah seribu, pakai abon jadi Rp seribu serta pakai keju tambah Rp 3 ribu. Dan, dalam waktu dekat saya akan coba burger pakai rendang.”

                Namun, selama di RF Ihsan juga sekaligus memperkenalkan BN ini pada mitra yang ingin franchise.   Saya ada peluang kemitraan dari Qinoyee. Jika ingin memiliki booth indoor hanya dengan Rp 25 juta serta booth outdoor Rp 30 juta. Gratis bahan baku awal selama satu minggu serta liontin emas. Buktinya, sudah ada yang nanya-naya ke saya, ungkap Ihsan yang memiliki tiga outlet BN di Medan.

                Dengan modal awal Rp 15 juta Ihsan harus gigih mencari dimana beras yang cocok buat BN nya.” Saat ini saya masih memasok beras dari Langkat hingga Percut Sei Tuan.” Bagaimana sih cara buat BN ? Cukup sediakan bahan-bahannya beras. Jika buat Burger Rending maka disediakan daging ayam, tepung krispy, timun, selada dan tomat. Untuk topingnya disediakan bumbu rendang.

Caranya, beras dimasak dengan air oksigen, setelah matang lantas dibumbui lalu dicetak dengan diameter 9 inci dan berat 100 gram. Lalu, siap untuk dimakan. Kalau BN original cukup ditambah Brown Sauce Special Qinoyee dengan taburan wijen. Kemudian 100 persen fried chicken filet dnegan bumbu special qinoyess dicampur dengan selada, tomat segar dan saus mayonnaise dan siap untuk disantap.”

                Kalori BN ini untuk Pas mendapatkan 100 gram gizi, Jumbo 300 gram dan kenyang 200 gram. Kuliner lain yakni Pizza Rakyat (PZR.  “ PR ini adalah system franschise. Tapi, saya mengambil franchise ini dari teman di Medan.Katanya sih dia franchise PR dari Jawa. Saya juga masih baru franchise PR, baru enam bulan,” aku Mona (30) pemilik franchise PR yang ikut buka stand di RF.

                Menurut Mona, dia mau ikut franchise PR karena dari segi harga cukup ekonomis. Semua bisa menikmatinya. Rasanya juga nggak ‘malu-maluin’ . Namun, yang membuat PR beda dengan pizza yang dijual di toko-toko besar yang dikenal selama ini, mengingat namanya yang bernuansa rakyat. Harga yang ditawarkan juga terbilang sangat murah karena target pasar yang diraup yakni kalangan ekonomi menengah kebawah, tanpa menghilangkan cita rasa dan konsep dagangannya. PR hadir dari rakayat,untuk rakyat dan rasa rakyat Indonesia ,” ujar Mona menjelaskan PR sudah memiliki 20 outlet di Medan.

                Biasanya, kata Mona, menjual PR ini dikaki-kaki lima depan toko orang. “ Saya jualan di kaki lima di kawasan Tembung. Kantor merangkap rumah. Kalau pagi saya buka kantor advokad sedangkan sore baru saya jual PR dibantu satu orang karyawan. Dengan modal awal Rp 9 juta saya sudah dibekali perlengkapan untuk berjualan PR,” ujar Mona tanpa malu-malu.

                Selama di RF, Mona mengaku optimis PR banyak diminati pengunjung. “ Apalagi, setiap hari orang yang berkunjung kesini tak habis-habisnya. Rasanya kita tak takut bakalan rugi,” ungkap Mona  ditemani satu orang karyawan dan seorang teman kerja.

Peduli UMKM

 PR yang dijual Mona bervariasi. Ada rasa sosis dibanderol  Rp 11 ribu, pizza sosis jagung dipatok Rp 14 ribu, rasa sayur Rp 10 ribu serta pizza komplet ada sosis, daging dan sayutr dipatok Rp 15 ribu. Itu memang harga tertinggi.

“ Meski mahal namun sesuai dengan namanya,rasa kombinasi melengkapi semua rasa pizza yang kami tawarkan. Pokoknya dengan harga mumer (murah meriah,red) rasanya cukup menggoyang lidah orang. “ Mona tertarik ikut RF untuk coba nasib dan peruntungan serta suasana baru.Stand Mona buka jam 4 sore hingga 12 malam.

                Baru Rabu (3/8) Mona berjualan. Makanya dia sengaja buat pizza sebanyak  15 loyang dulu atau 2,kg tepung terigu.   target saya sih maunya bias terus bertambah. Kalau bisa mencapai 6 kg atau lebih,”ujar Mona yang mengaku dapat stand gratis di RF.

                  Untuk membuat bahan dasar pizza caranya gampang, ” sediakan tepung terigu lalu diadon sama seperti membuat donat. Kemudian didiamkan hingga mengembang selama 2 jam. Lantas, adonan digulung dan dipanggang selama 15-20 menit setelah itu ditaburi toping-toping di atasnya. Tunggu 15-20 menit sampai pizza matang lalu siap dimakan, ujar Mona yang tertarik dengan bisnis kuliner, sebab bisnis kuliner prospeknya cerah dan menjanjikan.”

                Stan yang paling banyak diminati pengunjung yakni Brownies Amanda (BA). Para pengunjung tampak antusias memilah milih rasa apa yang hendak dipesan. Menurut Area Manager Medan, Yasmirah Mandasari saragih, SH, MH, mereka sudah dua kali buka stand di RF. ” tahun 2009 lalu dan tahun ini. Maksud kami buka stand di RF untuk lebih mempromosikan Amanda ke masyarakat dan tentu saja turut serta meramaikan acara RF ini.”

                Brownies yang dijual diantaranya Brownies Kukus Original,Brownies Kukus Cheese Cream, Brownies Kukus Choco Marble,Brownies Kukus Bananan Biz, Brownies Kukus Srikaya Pandan, Brownies Kukus Blueberry,Brownies Kukus Pink Marble,Brownies Kukus Tiramisu Marble,Brownies Kukus Green Marbel. ”dalam sehari brownies dalam aneka rasa ini bisa terjual 100 dus,” ujar Yasmirah yang menginginkan dapat omzet sebesar-sebesarnya di berkah Ramadhan tahun ini.

                Menteri Koperasi (Menkop) dan UKM Syarifuddin Hasan membuka RF VIII Pemerintah Kota (Pemko) Medan di Taman  Sri Deli Kota Medan, Rabu (3/8) malam. Perhelatan akbar tahunan yang digelar Pemko Medan itu akan jadi sarana bertransaksi bagi pelaku UMKM sekaligus syiar Islam. RF merupakan even Ramadhan pertama di Indonesia. Sebab, ide pencetusnya mantan Walikota Abdillah, dia menginginkan para pedagang bukaan puasa di kaki lima dapat berkumpul disatu tempat dan acara yakni RF.

                “ Saya perhatikan hampir 130 pedagang yang menempati berbagai stan makanan, minuman dan perlengkapan busana muslim menunjukan keberpihakan Pemko Medan pada rakyat khususnya pelaku UKM. Apalagi,  setiap yang berjualan disini gratis,” ujar Syarifuddin.

 Debbi Safinaz

 

Resep

Bubur Hunkwe Warna-warni
Bahan:
350 ml santan
1 lbr daun pandan
100 gr gula pasir
 
Ketupat Kandangan
Bahan:
5 bh ketupat pandan
150 gr taoge, buang akarnya
 

Busana

Chic Peach

Bagai buah peach yang segar saat disantap di siang hari, inilah sederetan busana muslim berwarna pucat.

 
Sematkan Cabochon

Sematkan cabochon atau bros-bros cantik dari batu alam yang berbentuk oval pada kerudung Anda.

 

Kecantikan

Semburat Warna Sahara

Eksotisme warna padang pasir seperti cokelat dan tembaga menginspirasi tata rias yang elegan, natural, dan mewah untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri.

 
3 Kreasi Jilbab Kasual

Cerahkan hari-hari santai dan waktu luang Anda dengan pilihan kerudung warna-warna pastel.

 

Kesehatan

Mengontrol Kolestrol Kala Puasa

Puasa idealnya membuat pola makan teratur. Namun faktanya, jenis makanan yang dikonsumsi justru berlebihan kandungan gula dan lemak.

 
Nafas Segar Selama Puasa

Jangan abaikan masalah klasik saat puasa, yaitu bau mulut tak sedap. Tidak ingin lawan bicara menjauh, kan? Atasi dengan mengubah kebiasaan merawat gigi.

 

Tips

Yang Kering Lebih Praktis

Saat perut harus diisi tapi waktu tak mendukung, yang paling pas menemani adalah lauk kering.

 
Bugar dan Cantik Selama Puasa

Sebentar lagi bulan puasa menjelang. Apa saja yang dibutuhkan tubuh agar tetap segar beraktivitas dan terlihat cantik?

 
Tersemat Manik Kristal
Selipkan peniti berbandul manik-manik nan cantik yang sedang tren ini untuk menghiasi kerudung indah Anda.
 

Berita

Melongok Aneka Jajanan Ramadan

Sudah kedelapan kali acara Ramadhan Fair (RF) dilangsungkan di areal yang mengapit tiga bangunan bersejarah yakni  Masjid Raya Al Mansun, Istan Maimoon dan Taman Sri Deli Medan. Acara yang berlangsung selama dua puluh tujuh hari ini setiap hari dijubeli warga Medan bahkan dari luar kota.

 
Toko Ivan Gunawan Laris Manis Diserbu Pembeli
Toko milik Ivan Gunawan yang berlokasi di Tanah Abang mulai ramai dikunjungi konsumen. Pasalnya, Ivan membuat potongan harga hingga 50%. Meski hanya seminggu, namun masyarakat tak mau ketinggalan momen tersebut.


Untuk edisi ramadhan menjelang hari raya, g Ivan Gunawan memang sudah merancang 10 model baju. Belum sempat seminggu, barang pun sudah habis diborong pembeli.

 

Kiriman Pembaca